Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are herePenulis Kristen / Edward Maitland

Edward Maitland


Edward Maitland adalah seorang pegawai pemerintah dan penulis novel yang berasal dari Inggris. Ia memiliki latar belakang pendidikan yang luas dan memiliki hubungan yang baik dengan berbagai kalangan politisi. Latar belakang ini memberikan kontribusi yang besar bagi kariernya sebagai penulis. Terlebih lagi dukungan dari saudara- saudaranya, Charles dan Brownlow, yang menjadi penulis terkenal pada zamannya.

Perpindahannya ke New South Wales, Australia menjadi titik awal kesuksesan kariernya. Dia ditunjuk menjadi komisaris pertanahan dan peradilan kerajaan di Welington pada tahun 1854. Setelah dia menikahi Esther Charlotte, putri William Bradley dari Goulburn Plains, dia menjadi presiden direktur Sekolah Seni Goulburn dan begitu aktif dalam penyelenggaraan diskusi umum. Dia merasa bahwa Australia dalam keadaan bahaya menjadi terikat oleh "tradisi-tradisi kuno yang sudah ditolak" dan bahwa masyarakatnya terlalu condong "kepada pembagian kasta dan larangan-larangan". Dia sangat gigih mengkritik Peraturan Gereja yang dibuat oleh Sir Richard Bourke dan sertifikat religius yang diminta oleh Universitas Sidney pada tahun 1854. Ia lalu memutuskan untuk kembali ke Inggris; ia memberikan kuliah terakhirnya di Sekolah Seni Sydney pada tahun 1858.

Di Inggris dia menghabiskan banyak waktunya untuk menulis. Dia menghasilkan banyak novel yang terkenal, antara lain "The Pilgrim and the Shrine" (1867), "By and By" (1873), "England and Islam" (1877), dan buku-buku yang lain. Novel "The Pilgrim and the Shrine" yang berlatar belakang kehidupan di Australia menggambarkan perjalanan kehidupan rohaninya sekaligus gambaran mengenai kehidupan di pertambangan emas. Berbeda dari novel lainnya, novel Maitland yang berjudul "England and Islam" banyak memperlihatkan kemampuannya dan orisinalitasnya. Pandangannya telah mengantisipasi pemikiran psikiater C.G. Jung dan konsekuensi negatifnya terhadap peradaban yang menyembah sosok Allah Kristen yang bernatur maskulin secara eksklusif.

Meskipun ia meraih sukses sebagai penulis di "Spectator" dan "Examiner", ia mempertaruhkan kariernya dengan bersahabat dengan Dr. Anna Kingsford yang eksentrik dan pengakuannya bahwa ia memiliki "kepekaan rohani" yang membuatnya mampu melihat kondisi kerohanian orang dan mengingat masa lalunya sebagai pangeran Thebes, Daniel, Yohanes dari Patmos, dan Marcus Aurelius. Ia banyak menulis, namun teman-teman seprofesinya mengeluhkan bakatnya sebagai "seorang dengan talenta alami yang besar yang disia-siakan". Ia meninggal di Tonbridge, Kent, pada 2 Oktober 1897. (t/Setya)

Bibliografi pilihan:

R. T. Wyatt, The History of Goulburn, N.S.W. (Goulburn, 1941); Athenaeum (London), 16 Oct 1897.

Diterjemahkan dan diringkas dari:

Nama situs : Australian Dictionary of Biography Online Edition
Penulis : Niel Gunson
Versi cetak : Niel Gunson, "Maitland, Edward (1824 - 1897)",
Australian Dictionary of Biography, Volume 5,
Melbourne University Press, 1974, pp 201-202.
Alamat URL : http://adbonline.anu.edu.au/

 

Sumber: Bio-Kristi 48

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru